Jasa Pengecatan Rumah dan Perlengkapan Pengecatan

Jasa Pengecatan Rumah dan Perlengkapan Pengecatan – Dikarenakan kesibukan dan peralatan yang terbatas ketika Anda mau mempercantik rumah, maka ada baiknya Anda menggunakan “jasa pengecatan rumah” untuk melakukan semua pekerjaan itu. Tentu saja ini akan menjadi sebuah solusi yang sangat tepat buat Anda yang memang tidak mempunyai waktu luang yang banyak untuk mengerjakan “perlengkapan pengecatan” ini memang memerlukan waktu yang tidak bisa dikerjakan dalam waktu singkat, karena tentu saja harus menyediakan waktu yang luang antara sehari dua hari supaya mempercantik rumah Anda bisa menghasilkan yang di inginkan.

Seperti yang sudah kita ketahui bersama jika pengecatan itu memerlukan sedikit keahlian dan mengecat itu merupakan sebuah pekerjaan finishing supaya rumah nampak indah. Selain itu kita juga harus mengetahui atau memahami sebuah proses pengecatan rumah yang benar. Sehingga hasil dari pengecatan tersebut memberikan hasil yang maksimal, lalu bagaimanakah prosesnya? juga langkah-langkahnya? mau tau jawabannya? ya udah pada postingan kali ini saya akan memberikan beberapa tips cara mengecat rumah yang benar  yang harus diterapkan oleh Anda.

Tips dan Trik Mengecat Dinding Rumah Secara Profesional

 

 

Bagaimanakah para pengecat profesional melakukan tugas mereka? tentunya yang harus kita ketahui dulu adalah mengecat itu merupakan sebuah pekerjaan dekorasi rumah yang bisa dibilang susah-susah gampang. Kenapa bisa dibilang gampang? ini dikarenakan pada inti pekerjaan ini hanyalah mengaplikasikan cat ke dinding, dimana asal merata saja itu sudah termasuk cukup. Akan tetapi sebenarnya kalau dibilang gampang, ternyata juga tidak segampang yang dibayangkan kita. Karena dalam pengecatan itu Anda harus berusaha agar hasil pengecatan melahirkan dinding dengan warna merata yang halus mulus. Jika tidak, pada jenis cat tertentu, garis-garis vertikal ini tampak jelas sekali. Dan biasanya pasti suka muncul corak garis-garis halus atau warna yang yang lebih gelap sementara sisi lainnya lebih terang.

Berikut ini merupakan rahasia “Jasa Pengecatan Rumah dan Perlengkapan Pengecatan dinding rumah yang baru atau rumah yang lama ala profesional yang bisa Anda terapkan antara lain:

  1. Jaga agar tepian tetap kering – hati-hatilah dalam memilih warna cat karena cat tembok yang berwarna vibran, bold, dan gelap lebih sulit diaplikasikan daripada warna-warna pastel dan warna putih. Pastikan area yang dicat terlebih dahulu tetap dalam keadaan basah, terutama bagian tepinya. Karena pengecatan dilakukan per-area maka akan meninggalkan bekas garis-garis vertikal dan terlihat warnanya tidak merata.
  2. Mengecat per area – Setelah 2 jam dalam pekerjaan pengecatan, cat kembali untuk lapisan ke-2 dengan roller. Baru kemudian selesaikan sisanya, area yang lebar, dengan roller gagang panjang, lalu cat area yang lebih sempit. Caranya Anda cat bagian pinggir yang berbatasan dengan trim atau kusen lebih dahulu menggunakan kuas. Pengecatan harus dilakukan dengan cepat dan cermat, untuk menghasilkan permukaan yang halus dengan warna merata. Pengecatan bisa selesai secepatnya sebelum cat yang diaplikasikan di awal mengering, dan tentu nanti hasilnya Anda lihat sendiri seperti yang diinginkan.
  3. Cat bagian pinggir lebih dahulu – Setelah bagian-bagian tembok rumah yang sudah kita cat sudah kering dengan sempurna, barulah lapisi dengan tape lalu cat seluruh dinding. Meskipun ada roller yang khusus untuk mengecat bagian sempit, tetap saja Anda disarankan untuk menggunakan kuas kecil, agar hasilnya lebih rapi, terutama untuk bagian yang melekuk atau berukir. Bagian pinggir yang berukir, seperti di area masuk dan pembatas antara langit-langit dengan dinding ruangan, adalah bagian yang perlu dicat lebih dahulu. Mengecat bagian pinggiran dulu akan membuat warnanya tampak lebih rapi.
  4. Persiapan yang matang – Gunakan primer coat atau cat dasar, untuk merekatkan cat finish ke dinding dan menghemat pemakaian cat akhir nantinya. Jika ada bagian yang berlubang, retak, atau tidak rata, lapisi dulu dengan acian atau plamir yang sesuai. Bila perlu, amplas agar lapisan catnya mengelupas. Kemudian bersihkan dari semua debu dan kotoran dengan sikat dan kain lap. Terus dinding harus dibersihkan terlebih dahulu. Karena pengecatan tanpa persiapan dinding hanya akan membuang tenaga dan cat yang sudah dibeli karena nantinya bisa mengelupas. Jadi sebelum dicat dinding tembok rumah Anda harus dipersiapkan terlebih dahulu.
  5. Gunakan peralatan yang berkualitas – Selisih harga peralatan mengecat seperti roller maupun kuas tidaklah jauh. Lebih baik membeli yang sudah berkualitas tapi nanti tidak akan kecewa dengan hasilnya. Tidak ada hasil pengecatan sempurna yang dihasilkan dengan perlengkapan jelek yang kasar membuat cat menggumpal di alat tersebut. Hasil berkualitas tentu hanya bisa dihasilkan dengan dukungan perlengkapan yang bermutu tinggi pula.

Cat Tembok Terbaik dan Berkualitas Tinggi

Cat tembok tidak hanya digunakan pada saat sebuah rumah baru didirikan karena dalam masa 3 sampai 4 tahun setelah rumah berdiri biasanya tembok rumah tersebut perlu dilakukan perawatan alias pengecetan ulang. Cat Tembok adalah salah satu kebutuhan yang tidak bisa terhindarkan di bidang properti. Di toko-toko material cat tembok adalah salah satu bahan material bangunan yang paling banyak dicari oleh masyarakat selain paku dan genteng. Yang paling sering terjadi adalah tentu saja warna tembok yang mulai mengusam termakan waktu dan hal itu adalah hal wajar yang terjadi di setiap rumah.

Inilah beberapa daftar cat tembok terbaik saat ini yang banyak digunakan oleh sebagian masyarakat Indonesia seperti Cat Tembok Berdasarkan Mutu yang terdiri dari:

  • Premium
    •Premium Exterior (Luar)
    •Premium Interior (Dalam)
  • Medium
  • Low

Untuk Cat Exterior Premium itu Kemasannya rata-rata 2.5 liter (3.5kg) dan 20liter kecuali kemtone, Weldon, dan Catylac. Kemudian untuk Daya sebar rata-rata 15-20m² /galon untuk 2x lapis ini dilakukan dengan dikuas, kecuali warna-warna tertentu seperti pekat kuning, merah, orange tidak cukup 2x lapis, khusus warna tersebut sangat berbeda-beda, ada yang bisa sampai 3-4 kali lapis, selain itu juga daya tahan lemah atau lebih mudah pudar. Terus keunggulan berbahan dasar 100% acrylic khusus diformulasikan untuk exterior, tahan cuaca, tahan serangan jamur, daya lekat sangat baik. Serta Pengenceran pada 15-20% air.

Sementara itu untuk pengerjaanya itu harus di lakukan dengan ketentuan sebagai berikut: Tembok sehat, kelembaban ≤18% dan ph ≤8, lalu Tidak dianjurkan menggunakan plamur tembok (tidak tahan terhadap cuaca), kemudian Tembok baru disarankan menggunakan alkali, sementara untuk Tembok lama sudah pernah di cat disarankan menggunakan sealer, dan Untuk retak rambut bisa menggunakan waterproofing, dan alkasmooth.

Cara Mengecat Tembok Dinding Yang Benar

jasa pengecatan rumah

Dengan sedikit pemikiran dan pelaksanaan, mengecat dinding Anda sendiri dapat memberi kepuasan dan semangat. Apabila Anda ingin mengecat dinding dengan cara yang benar, Anda tidak akan melewatkan perencanaan dan terjun langsung. Mengecat dinding memerlukan sedikit perencanaan, namun saat dilakukan dengan benar, dapat memberikan suasana yang berbeda dalam ruangan.

Karena kita sering jumpai salah satu sebagai contoh kerap kita temui cat yang mengelupas, bercak- bercak dan warna yang kusam. Maka kondisi cat rumah yang sudah berumur panjang memang kerap kali menimbulkan masalah baru. Untuk mengatasi hal tersebut salah satunya dengan mengecat ulang. Apabila yang ingin Anda cat merupakan dinding yang masih baru, hal utama sebelum mengecat adalah memastikan plesteran dinding sudah benar-benar kering. Dan ini biasanya butuh waktu 28-30 hari tanpa hujan. Kriteria dinding plesteran sudah kering biasanya berwarna abu-abu muda.

Untuk cara mengecat tembok yang benar adalah harus dilakukan beberapa langkah-langkahnya antara lain:

  • Persiapan

Rencanakan satu hari penuh untuk persiapan apabila Anda ingin mendapatkan tampak profesional pada dinding Anda, pastikan Anda menyediakan satu hari penuh persiapan sebelum Anda melakukan pengecatan sebenarnya. Cat yang meleleh, garis yang tidak rata, dan warna yang tidak secerah seharusnya. Dinding yang dicat terburu-buru akan dapat dengan mudah terlihat. Kemudian jangan lupa juga untuk mempersiapkan lantai dan perangkat keras lainnya untuk pengecatan, serta mengamplasnya akan membantu pengecatan karena dapat menciptakan pori-pori atau kantung-kantung kecil yang menjadi tempat cat menempel, membuatnya memiliki lapisan cat yang merata.

  • Mengecat

Cat bagian sudut dan tepian kamar Anda dengan kuas bersudut, meninggalkan garis warna selebar 5 cm di sepanjang tepian dinding. Celupkan kuas bersudut berukuran 6,5 cm ke dalam warna yang diinginkan; celupkan hanya sepertiga bagian kuas, mengetukkan kuas untuk mengurangi cat dan bukan menggesekkannya. Jadi intinya kita harus memberi cat pada tepiannya dahulu. Setelah itu Untuk memenuhi bagian tengah dinding, juga bagian-bagian yang belum dicat, cara terbaik adalah dengan menggunakan kuas rol. Lanjutkan menggunakan gerakan seperti keatas dan kebawah dengan mengusap-ngusapkan rol nya hingga dinding tertutup cat seluruhnya. Selanjutnya biarkan cat mengering selama beberapa jam, dan yang terakhir jangan lupa untuk merapikan tepian dinding dengan satu lapis cat.

Jasa Pengecatan Rumah Terbaik di Toko Cat Lancar

Tahukah Anda ketika akan berniat melakukan pengecatan ulang pada rumah Anda tentu saja dong akan membutuhkan perlengkapan cat. Nah untuk memenuhi kebutuhan tersebut ada baiknya Anda menggunakan Jasa Pengecatan Rumah dari sebuah toko cat lancar. Apa itu toko cat lancar?

Toko Cat Lancar adalah pusat segala kebutuhan cat anda, toko cat lancar merupakan solusi terbaik bagi anda semuanya dalam urusan perlengkapan pengecatan. Banyak layanan yang telah disediakan oleh toko cat lancar salah satu jenis layanan yang tersedia di Toko Cat Lancar adalah Home Painting Service. Dan harus Anda ketahui bahwa ada dua jenis pengecatan berdasar lokasinya, yaitu pengecatan interior dan pengecatan eksterior.

Untuk produk-produk yang disediakan oleh toko cat lancar itu sangat banyak sekali, agar lebih jelasnya silahkan dilihat saja produk-produk tersebut seperti yang terlihat pada video dibawah ini:

Supaya tidak boros ada baiknya sebelum mengecat Anda menghitung dulu berapa cat yang akan dibutuhkan untuk pengecatan rumahnya. Selain itu Anda juga harus memperhatikan label yang tercantum dikaleng tentang daya sebar catnya. Umumnya daya sebar cat 12m persegi, artinya 1 liter cat cukup untuk 12 meter persegi dalam satu kali sapuan atau lapis. Kemudian ukurlah luas dinding yang akan dicat. Jangan lupa kurangi dengan luas pintu dan jendela.

Sebagai contoh untuk ukuran patokannya seperti ini:

Ruang berukuran 4 m x 4 m dan tinggi 3 m
Satu pintu 1 m x 2 m
Satu jendela 1 m x 1 m
Luas yang harus dicat : 4 dinding (4 x [4m x 3m] = 48m persegi) +1 plafon (4mx 4m = 16m persegi) –1 pintu dan 1 jendela((1m x 2m + 1m x 1m = 3m persegi) = 61 m persegi

Jadi Bagi luas total dengan daya sebar: 61m persegi : 12 m persegi = kurang lebih 5 liter untuk satu kali oles atau sapuan. Kesimpulan dari semuanya untuk pengecatannya bisa dilakukan 2 lapis agar hasilnya menjadi bagus, sehingga cat yang dibutuhkan kurang lebih 10 liter.

Pengecatan pada dinding baru dalam rumah Anda dapat dilakukan setelah dinding diberikan sealer. Setelah pemberian sealer ini, Anda dapat langsung melakukan proses pengecatan.

Teknik Kreatif Mengecat Tembok Rumah

Tanpa perlu sewa jasa interior designer, kamu bisa menata rumahmu sendiri, selain itu juga punya rumah unik nan indah itu gak harus mahal.  Salah satunya dengan membuat pola cat tembok rumah yang unik dan berbeda menggunakan jagung saja. Caranya, kamu lapisi tembok rumah dengan cat warna putih. Setelah itu, siapkan potongan jagung yang dicelupkan pada cat berwarna merah atau warna kontras lainnya. Gunakan untuk membuat pola dengan menggulingkan pada tembok rumah, jadi deh mudah kan? pastinya dong.

Atau jika Anda ingin membuat pola yang indah di tembok rumahnya bisa gunakan saja kain renda atau tatakan gelas sebagai cetakannya. Sebagai langkah awal, tempelkan kain atau tatakan ini pada tembok dengan spray adhesive. Lalu lapisi bagian atasnya dengan cat tembok yang kamu pilih. Setelah itu, lepaskan dan pola indah dengan mudah bisa menghiasi rumah. Jadi gunakan saja kain renda atau tatakan gelas piring dari kertas yang berpola. Tanpa harus menyewa jasa profesional, pola indah di tembok rumah bisa kamu buat sendiri.

Sebenarnya banyak juga sih tehnik cara-cara mengecat rumah yang kreatif ini, karena selain dua cara mudah di atas bisa juga menggunakan tehnik pakai Sapu ijuk untuk hasil tembok rumah berpola garis-garis juga bisa kamu bikin dengannya. Bahkan hanya bermodal spons yang murah, pola seperti ini bisa bikin rumah idaman jadi lebih unik lagi. Kamu bisa gunakan spons pencuci piring atau spons untuk mandi. Cukup dengan mengoleskan cat tembok pada permukaan spons dan menempelkannya ditembok.

Gimana tuh man-teman dedesobirin hanya ini saja ya sedikit informasi yang bisa saya berikan. Terus jangan lupa dong untuk mengunjungi juga postingan sebelumnya terkait VIVAGOAL Situs Berita Bola Terkini, dan juga postingan terkait Tips Memilih Jasa Penyewaan Truk Terpercaya di Indonesia, kemudian ada juga loh postingan terkait Forum dan Komunitas Pertanian Indonesia – Agroteknologi.web.id, tidak mau ketinggalan nih ada postingan terkait Jual Peralatan Makan Terlengkap dan Termurah di MelamineMall.com, habis itu juga ada nih postingan terkait Cipto Junaedy, untuk yang terakhir nih ada postingan terkait Discoffeery, Kopi Hijau 100% Asli. OK, kalau begitu terima kasih ya sudah berkunjung kesini dan membaca postingan ini, demikianlah artikel ini sengaja saya buat untuk di ikut sertakan pada lomba blog dengan tema Jasa Pengecatan Rumah dan Perlengkapan Pengecatan.

Iklan

Tentang Dede Sobirin

Jangan Mau Seumur Hidup Jadi Orang Gajian
Pos ini dipublikasikan di Property dan tag . Tandai permalink.

5 Balasan ke Jasa Pengecatan Rumah dan Perlengkapan Pengecatan

  1. Ping balik: Pegadaian Pinjaman Jaminan Gadai BPKB Mobil Motor | Dede Sobirin

  2. Ping balik: Obat Diabetes Alami, Obat Herbal Diabetes Paling Ampuh | Dede Sobirin

  3. Ping balik: Madu Subur Max, Herbal Penyubur Reaksi Cepat | Dede Sobirin

  4. Ping balik: PENIPU Jual Peralatan Makan Terlengkap dan Termurah di MelamineMall.com | Dede Sobirin

  5. Ping balik: PENIPU Jual Peralatan Makan Terlengkap dan Termurah di MelamineMall.com | Dede Sobirin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s